Cara Menghilangkan Bau tak Sedap pada Kaki


Sering gak, ngalamin bau kaki padahal kalian baru aja nyuci sepatu kalian? Gak nyaman ya rasanya…Nah di bawah ini ada beberapa penjelasan dan cara mengatasi bau tak sedap di kaki.

Bau kaki adalah salah satu hal yang bisa membuat rasa percaya diri kita berkurang, dan bahkan bisa membuat kita di jauhi oleh orang dekat kita, hal ini tentu sangat mengganggu. Kaki yang terus-terusan tertutup saat beraktivitas menjadi berkeringat. Sehingga kuman mengumpul dan menyebabkan pembusukan.
Bau Kaki biasanya disebabkan oleh keringat yang mengendap pada kaki dan bercampur bakteri. Seringlah mencuci bagian dalam sepatu untuk mengurangi bakteri pada sepatu , atau anda dapat menambahkan bantalan khusus untuk menyerap keringat yang sudah banyak dijual di toko-toko kesehatan.

Tubuh kita memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sedangkan kaki kita termasuk bagian tubuh yang paling berkeringat. Dalam sehari, satu kaki dapat memproduksi lebih dari satu pint (sekitar 568 ml) keringat! Keringat itu sendiri sebenarnya merupakan campuran air dan garam, sehingga tidak memiliki bau tertentu. Bau itu disebabkan oleh bakteri pada kulit yang memakan keringat dan membuang kotoran yang memiliki hawa atau bau yang kuat. Keberadaan bakteri pada kulit ini juga normal, namun keringat menarik bakteri dan memberikan banyak makanan untuknya.

Bila keringat pada kaki menjadi lebih berbau daripada keringat di tubuh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kaus kaki dan sepatu kita. Sebab keringat yang dibuang oleh kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan, dan malah mengumpul di kulit dan kaus kaki. Bakteri menyukai tempat gelap, lembab, dan banyak “makanan”. Ketika Anda membuka sepatu, bau yang menampar kalian. itu adalah produk buangan bakteri yang terkumpul di kaki, kaus kaki, dan sepatu kalian.

Cara Menghilangkan bau di kaki.

1. Istirahatkan kaki dan beri udara
Artinya sesekali gunakan sandal agar kaki mu tidak terus tertutup dan mendapatkan cukup udara. kalau sepatunya lebih dari 1 gantilah setiap hari dan jemur sepatu yang baru dipakai selama 24 jam atau lebih untuk mengeringkannya sebelum memakainya kembali.

2. Rendam dalam air garam
Seminggu sekali rendam kaki dengan air hangat yang sudah di beri garam. Lakukan selama 10-15 menit agar kuman penyebab bau kaki hilang. jika belum hilang cuci kaki dengan sabun antibakteri yang kuat.

3. Gunakan kaus kaki katun
Rajin mencuci kaus kaki. Jangan menggunakan kaus kaki lebih dari satu hari dan jangan menggunakan kaus kaki dengan bahan yang tidak menyerap keringat. jika kamu punya duit lebih, beli kaos kaki yang banyak, terus ganti kaos kaki anda setiap hari.
4. Buang lapisan kulit mati
Rajin melakukan pengangkatan sel kulit mati. Kulit mati juga bisa jadi penyebab kaki lembab dan berbau. Gunting kuku kaki secara teratur agar tidak menjadi sarang kuman.

5. Menjaga pola makan
Beberapa makanan juga bisa jadi penyebab atau sumber bau.

Jika yang di atas kurang ampuh mungkin bisa di coba cara yang kedua:

1. Siapkan campuran cuka dan air hangat. Kira-kira perbandingannya adalah 1:2. Rendamlah kaki anda dalam campuran tersebut setiap malam selama beberapa hari. Bersabarlah hingga akhirnya bau kaki anda benar-benar telah hilang.

2. Rendam kaki dengan air teh hitam yang dingin. Rendam kaki anda setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam agar tanin yang terkandung dalam teh hitam ini dapat membunuh bakteri di kaki dan menutup pori-pori kaki.
Cara mengurangi jumlah keringat yang menempel di sepatu:
1. Boots atau pumps Anda mungkin terlihat keren, namun lebih baik mengenakan sepatu yang memiliki “ventilasi”. Pilih saja sling back shoes yang bertali di belakang, atau peep toe shoes. Sebagai wanita, Anda masih punya banyak pilihan sepatu, kok.
2. Bila Anda wanita senang menggunakan kaus kaki atau stoking, pilih yang terbuat dari katun atau bahan yang menyerap keringat lainnya.
3. Beri bahan antiperspirant pada kaki Anda. Coba cari di apotik atau toko kosmetik.                                                                                                                                              4. Jika cara di atas tidak membantu, sudah waktunya Anda mengunjungi dokter. Minta obat dengan resep yang dapat mengatasi bau kaki yang serius, dengan membunuh bakteri dan mengurangi keringat pada kaki

Nah itu semua tips-tips sederhana cara menghilangkan bau kaki tak sedap. Tapi perlu diingat, kalau kaki kalian sedang luka, jangan lakukan 2 tips diatas, tunggu hingga luka kalian telah sembuh. Semoga dengan tips-tips di atas, bau kaki tak sedap bisa hilang ya~😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s